Rumah Tumbuh, Solusi Rumah Dengan Harga Terjangkau

Home / Artikel / Rumah Tumbuh, Solusi Rumah Dengan Harga Terjangkau
Tips n trik

Rumah Tumbuh, Solusi Rumah Dengan Harga Terjangkau

Minggu, 24 Juni 2018 Hi-Project

Sejumlah pengembang mencantumkan keterangan ‘rumah tumbuh’ pada properti yang ditawarkannya. Namun, sedikit calon konsumen yang tahu maksudnya.
‘Rumah tumbuh’ secara sederhana adalah konsep pembangunan rumah yang masih menyisakan ruang untuk dikembangkan, sesuai dengan kebutuhan penghuni di masa yang akan datang.
Sebuah artikel menarik dari situs astudioarchitect.com milik Probo Hindarto menerangkan bahwa rumah tumbuh ternyata bukan sembarang konsep.
Probo, yang juga seorang arsitek, menuturkan bahwa rumah tumbuh merupakan konsep dimana Anda tidak perlu membangun seluruh lahan rumah, tetapi hanya sebagian saja.
Oleh karena itu, pengembang yang menawarkan ‘rumah tumbuh’ biasanya menawarkan unit dengan bangunan yang tidak terlalu besar namun lahan yang luas. Harga rumah pun bisa ditekan.
Rumah dengan konsep ini cocok untuk pembeli rumah pertama (first time buyer), keluarga muda atau mereka yang belum berkeluarga. Konsumen jenis ini tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas.
Namun seiring berjalannya waktu, saat anggota keluarga bertambah, konsumen bisa membangun sendiri ruang-ruang tambahan, seperti kamar tidur tambahan, dll. sesuai kebutuhan dan kondisi ekonomi saat itu.
“Rumah tumbuh dapat dibangun dengan semua denah ruang yang ada. Asalkan memiliki perencanaan yang baik dan tidak menghilangkan fungsi bagian hunian seperti fungsi taman,” jelas Probo.
“Prinsip utama dari rumah tumbuh adalah setelah bertumbuh atau bertambah bagian-bagian bangunannya tetap menjadi rumah yang sehat, dan secara struktural juga kuat,” ia menambahkan.
Berbicara mengenai pondasi rumah, Probo juga menuturkan tidak ada perbedaan baik rumah tumbuh maupun rumah biasa.
Namun, untuk pondasi rumah tumbuh sebaiknya lebih menunjang, bila suatu saat rumah tersebut akan dikembangkan kembali atau ditingkat.
“Rumah tumbuh yang baik, tidak hanya pondasi saja yang disiapkan. Tetapi juga harus disiapkan beberapa hal dari awal seperti kolom dan balok-balok yang menunjang untuk dua lantai sejak pertama kali Anda membangun,” tambah Probo.
Hanya saja, Probo menuliskan saran untuk model bertingkat dan bertumbuh ini, usahakan agar tampilan rumah tidak terlihat canggung atau kurang menarik sebelum ditingkat lebih lanjut.
Salah satu contoh rumah tumbuh yang unik adalah Citra View Mambalan yang ada di Daerah Kabupaten Lombok Barat.
Dengan harga hanya 100 jutaan dan sistem pembayaran fleksiblel, rumah ini sangat tepat untuk dijadikan rumah pertama yang berpotensi untuk dibangun kembali apabila anggota keluarga Anda bertambah.
Sumber: Rumah.com
Editor: Titi

Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar