Sedang Mencari Rumah Dijual Mataram? 


Cari rumah Apalagi dengan harga murah atau terjangkau zaman sekarang agak sulit. Oleh sebab itu, agar Anda terutama pasangan muda bisa membeli rumah dijual Mataram yang murah dengan aman, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Bila saat ini Anda berkeinginan membeli rumah dijual mataram, simak dulu yuk tips agar aman seperti dilansir berbagai sumber ini!

1. Cek mulai kapan rumah tersebut dipasarkan
Saat mencari rumah murah Mataram, Anda dan pasangan bisa mencoba mencari informasi mulai kapan rumah tersebut dipasarkan. Biasanya, ketika rumah tak juga laku terjual, pemilik pada akhirnya akan menurunkan harga jual.
Ini dengan pertimbangan semakin lama pemilik mempertahankan pada patokan harga tertinggi, semakin besar peluang rumah yang akan dijual kondisinya makin buruk. Karena itu, coba carilah rumah yang sudah lama dipasarkan tapi belum juga laku. Asal nyaman dan sesuai kebutuhan, tak masalah kan, memilih rumah yang lama?

2. Gali informasi dari kenalan
Ketika Anda dan keluarga mencari rumah murah di Mataram, kenalan, kerabat, atau tetangga bisa jadi sumber informasi yang menguntungkan. Ketika bertanya ke kenalan informasi soal rumah murah di Mataram ingat juga sampaikan kriteria rumah yang Anda inginkan.
Misalnya Anda mau memberi rumah murah di Mataram dengan luas berapa, posisi rumahnya jika bisa seperti apa, perlu garasi atau tidak, lantai satu atau dua, jumlah kamar yang diinginkan dan yang utama sampaikan budget maksimal Anda.
Apalagi, jika Anda bisa bertemu dengan pemilik rumah yang dijual murah secara langsung, biasanya akan mempermudah proses negosiasi dilakukan.

3. Jangan ragu bertanya ke pemilik rumah
Ketika Anda tertarik pada sebuah rumah yang dijual murah kemudian ada kontak telepon dan ada keterangan tanpa perantara, sempatkan untuk bertamu ke rumah tersebut. Tujuannya tentu saja, menanyakan hal yang berkaitan dengan penjualan rumah tersebut dan dengan membeli rumah tanpa perantara, pemilik tidak perlu menyisihkan budget untuk broker.
Bahkan, jika Anda beruntung, saat pemilik rumah benar-benar butuh uang, dia tak akan segan memberi harga murah rumah yang ia jual, karena tujuan utamanya mendapat cash untuk keperluan darurat.

4. Pilih lokasi pinggir kota
Sekarang ini, mencari rumah dengan harga murah di pusat kota misalnya dekat epicentrum Mataram sepertinya agak sulit ya? Oleh sebab itu, dalam hal mencari rumah murah bagaimana kalau Anda melirik beberapa daerah di pinggir Mataram, Lombok Barat misalnya.
Lagipula, daerah tersebut masih sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Jadi, bukan merupakan sebuah masalah jika Anda membeli rumah murah di area pinggir kota alias bukan di tengah kota. Yang paling penting, Anda dan keluarga tetap nyaman dan jarak untuk sekolah anak atau tempat bekerja tidak terlalu jauh.

5. Sesuaikan ukuran bangunan dengan penghuni
Salah satu pertimbangan penting sebelum memutuskan membeli sebuah rumah adalah jumlah orang yang nanti akan menempati dan sering berkunjung ke rumah tersebut. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang lebih banyak ketika nyatanya hanya akan ada 2 orang yang menempati rumah tersebut tapi Anda membeli rumah yang terlalu luas. Sangat disayangkan dong? Apalagi kalau dana kita terbatas. Karenanya, mempertimbangkan jumlah orang yang akan menempati atau mengunjungi rumah Anda perlu dipertimbangkan agar Anda bisa benar-benar membeli rumah dengan harga yang murah.