Bagi sebagian orang, ‘Kuta’ adalah salah satu daerah wisata di Bali yang terkenal dengan keindahan pantainya serta ombak yang besar. Namun, selain di Bali, Kuta juga dapat ditemukan di Lombok, tentunya dengan keindahan yang tak kalah dari Kuta yang ada di Bali. 

Haruskah beli tanah dijual di Kuta Lombok?

Sama seperti Kuta yang ada di Bali, Kuta Lombok juga dikenal dengan keindahan pantainya. Namun, jika Pantai Kuta Bali cenderung ramai oleh wisatawan, Pantai Kuta Lombok cenderung lebih sepi. Meski begitu, pantai dan daerah sekitarnya menyimpan banyak pesona unik yang potensial sebagai tempat wisata. Karena itulah bagi Anda yang ingin berinvestasi, Anda dapat mencari tanah dijual di Kuta Lombok.

Tentang Pantai Kuta Lombok

Kawasan Kuta Lombok termasuk dalam kawasan administratif Kabupaten Lombok Tengah. Pantai Kuta Lombok terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut. Pesona pantai ini tidak berbeda jauh dari pantai Kuta yang ada di Bali. Ciri khas Pantai Kuta Lombok adalah garis pantainya yang lebih bergelombang dengan hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Selain itu, pantai Kuta Lombok juga memiliki deretan terumbu karang yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Dengan keindahannya, pantai ini menjadi salah satu kawasan wisata yang cukup prospektif sehingga Anda dapat mempertimbangkan Investasi Mandalika sebagai salah satu pilihan investasi masa depan.

Baca juga: Tips beli rumah Kuta Lombok

Keistimewaan Pantai Kuta Lombok antara lain:

Pantai yang mempesona

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Kuta Lombok memiliki garis pantai yang bergelombang sehingga tampak memukau. Garis pantai ini memanjang hingga 7,2 km dengan Bukit Mandalika di bagian baratnya. Pasir pantai di sini putih bersih berpadu dengan laut yang jernih. Pantai Kuta Lombok juga memiliki deretan terumbu karang. Oleh karena itulah pantai ini dapat dijadikan sebagai tempat snorkling, berenang, bahkan untuk sekadar bermain air. 

Dekat Desa Sade

Selain keindahannya, daya tarik lain dari Pantai Kuta Lombok adalah lokasinya yang tidak jauh dari desa khas suku asli Lombok, yaitu Desa Sade yang dihuni Suku Sasak. Salah satu aktivitas Suku Sasak adalah menenun kain songket sehingga wisatawan yang berkunjung ke Desa Sade dapat melihat proses pembuatan kain songket khas Lombok secara langsung. Dengan berkunjung ke Desa Sade, wisatawan juga dapat melihat secara langsung tradisi dan aktivitas keseharian masyarakat Suku Sasak. 

Bukit Mandalika

Di sebelah barat Pantai Kuta Lombok, Anda akan menemukan sebuah bukit yang disebut Bukit Mandalika. Berdasarkan cerita rakyat setempat, bukit ini ada kaitannya dengan kisah Putri Mandalika yang terjun ke laut dari atas bukit tersebut demi menghindari perpecahan karena ada banyak pangeran yang ingin mempersuntingnya. Putri Mandalika yang terjun ke laut dipercaya menjelma menjadi cacing laut yang disebut nyale oleh masyarakat setempat. Untuk menghormati pengorbanan Putri Mandalika, masyarakat setempat pun menyelenggarakan upacara Bau Nyale setiap tahunnya yang dilakukan sekitar Bulan Februari hingga Maret. Upacara Bau Nyaleatau menangkap nyale ini dilaksanakan oleh penduduk dari wilayah Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Kaliantan, dan Pantai Tabuan.

Apabila wisatawan datang pada waktu yang tepat, mereka dapat melihat warga lokal melakukan upacara Bau Nyale dan menangkap nyale beramai-ramai. Namun, jika waktunya tidak bertepatan dengan upacara Bau Nyale, wisatawan masih dapat menikmati keindahan laut dan pantai dari atas bukit. Dengan air laut yang begitu bersih dan jernih, gugusan terumbu karang akan terlihat jelas sehingga tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut, tetapi enggan untuk masuk ke air. 

Dekat Pantai Tanjung Aan

Jika di sebelah barat Pantai Kuta Lombok Anda dapat menemukan Bukit Mandalika, Anda dapat menemukan Pantai Tanjung Aan di sebelah timur. Pantai Tanjung Aan masih satu garis pantai dengan pantai Kuta Lombok. Jadi, keunikan dan keindahannya juga masih sama. Oleh karena itulah pantai ini merupakan salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk para pecinta alam. 

Pantai Kuta Lombok memang termasuk salah satu destinasi wisata pantai yang direkomendasikan di Lombok. Meski tak seramai Pantai Kuta yang ada di Bali, pantai ini cukup ramai dan sudah banyak diketahui oleh wisatawan. Oleh karena itulah sudah banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. 

Untuk sampai ke Pantai Kuta Lombok, wisawatan lebih disarankan untuk menggunakan paket tour atau membawa kendaraan pribadi. Pasalnya, sarana transportasi umum yang dapat membawa wisatawan untuk sampai ke Pantai Kuta Lombok ini tergolong jarang dan biayanya juga relatif mahal. Selain itu, angkutan umum yang dapat mengantar wisatawan ke Pantai Kuta Lombok juga tidak beroperasi sampai sore, hanya sampai pukul 15.00 saja. 

Apabila wisawatan tidak bisa mengejar angkutan umum terakhir, maka harus menggunakan taksi yang ongkosnya relatif mahal atau menginap. Karena hal inilah Anda dapat membeli tanah dijual di Kuta Lombok baik untuk investasi maupun untuk hunian pribadi jika Anda berniat pindah ke Lombok maupun sekadar tempat untuk beristirahat setiap kali Anda berkunjung ke sana. 

Namun, jika Anda berniat membeli tanah di Kuta Lombok untuk berinvestasi, maka Anda sebaiknya memilih tanah yang lokasinya strategis, terutama jika Anda berniat untuk menjadikannya penginapan atau fasilitas penunjang wisata lainnya seperti tempat makan. 

Anda dapat mencari tanah yang dijual di sekitar Kuta Lombok dengan bantuan agen properti. Dengan begitu, Anda dapat menemukan tanah yang sesuai dengan lebih cepat dan mudah. Namun, Anda harus berhati-hati saat memilih agen properti agar tidak rugi. Pastikan bahwa agen properti yang Anda pilih adalah agen yang dapat dipercaya dan berkompeten sehingga Anda pun dapat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. 

Pastikan bahwa agen properti tersebut berkompeten dan dapat dipercaya dari kemampuannya menghadapi klien, bagaimana mereka berkomunikasi dan beradaptasi. Pillihlah agen properti yang menguasai area tersebut dan proaktif dalam berkomunikasi sehingga Anda dapat memperoleh berbagai informasi yang lengkap. 

Agen properti yang baik juga akan mengerti serta memahami kebutuhan Anda sehingga mereka berusaha untuk memenuhi kebutuhan Anda sebaik mungkin. Pilihlah agen properti yang mampu mendengarkan Anda dengan baik dan tidak terlalu banyak bicara. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan properti yang diinginkan sesuai dengan harapan. 

Apabila Anda berniat membeli tanah dijual di Kuta Lombok untuk berinvestasi, maka sebaiknya Anda mencari dengan cepat karena Kuta Mandalika dan sekitarnya akan dikembangkan menjadi kawasan pariwisata yang lebih baik lagi dengan dukungan pemerintah. Artinya, akan ada banyak orang yang mengincar kawasan tersebut untuk berinvestasi. Oleh karena itulah Anda perlu memilih lokasi yang tepat dengan cepat. Meski begitu, Anda tetap harus tahu tentang harga pasaran tanah di sana sehingga menggunakan jasa agen properti adalah pilihan yang tepat.