Pertama kali beli tanah dijual Lombok? Anda perlu baca ini!

Keindahan Lombok yang mewakili keindahan negara tropis mampu menarik banyak wisatawan untuk datang ke sana, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Meningkatnya kunjungan turis ke Lombok membuktikan bahwa pulau yang ada di sebelah selatan Indonesia tersebut memiliki prospek pariwisata yang amat menjanjikan. 

Oleh karena itulah pengembangan kawasan pariwisata Lombok tengah dilakukan dengan dibangunnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Dengan pembangunan tersebut, Lombok diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Indonesia. 

Pembangunan KEK Mandalika jelas mengundang banyak investor untuk menanam modal di Lombok maupun orang-orang yang ingin berinvestasi dengan membeli tanah. Apabila Anda termasuk orang yang ingin berinvestasi dengan membeli tanah, maka Anda harus mencari tanah dijual Lombok yang sesuai. 

Bagi Anda yang masih pemula dalam berinvestasi tanah, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut agar investasi yang Anda lakukan dengan membeli tanah dijual Lombok dapat memberikan hasil maksimal.  

1. Cari lokasi strategis

Tips investasi tanah yang pertama adalah cari tanah yang memiliki lokasi strategis. Hal ini sangat penting terutama jika tanah dijual Lombok yang Anda beli akan dijadikan sebagai tempat usaha seperti restoran atau hotel. 

Memilih tanah dengan lokasi yang strategis memang akan membutuhkan lebih banyak biaya, tetapi lokasi yang strategis akan membantu perkembangan bisnis Anda.

Selain memilih lokasi yang strategis, Anda juga harus memastikan tanah tersebut dekat dan mudah untuk mendapatkan akses ke sumber air yang merupakan kebutuhan utama manusia. 

2. Cari informasi tentang perbandingan harga

Sebelum memutuskan untuk membeli dan berinvestasi tanah, Anda disarankan untuk mencari informasi tentang perbandingan harga tanah dari berbagai lokasi. Jika Anda belum familier dengan Lombok, Anda dapat meminta bantuan agen properti di Lombok yang tentunya lebih memahami area tersebut.

Selain mempermudah Anda dalam mencari tanah dengan lokasi yang sesuai dalam waktu yang singkat, agen properti juga dapat membantu Anda untuk mengetahui tentang perbandingan harga tanah di sekitar. 

3. Teliti memeriksa berkas tanah

Berkas atau dokumen tanah wajib diperiksa sebelum proses jual beli tanah Lombok. Pasalnya, dokumen seperti sertifikat tanah merupakan tanda atau bukti kepemilikan seseorang terhadap tanah. Sertifikat tanah tersebut nantinya akan berpindah ke tangan Anda setelah proses transaksi jual-beli tanah selesai. 

Oleh karena itulah Anda perlu memeriksanya dengan teliti mulai dari keaslian dokumen sampai luas dan batas-batas tanah dalam sertifikat tersebut. Apabila penjual tidak memiliki sertifikat tanah, tetapi memiliki girik, maka Anda harus meminta penjual tanah untuk membuatkan sertifikat tanah terlebih dahulu sebelum menjualnya. 

Pasalnya, girik tidak dapat disamakan dengan sertifikat tanah. Apabila sertifikat tanah menyatakan kepemilikan terhadap bidang tanah dan membuat Anda memiliki hak untuk mengelola tanah yang bersangkutan, girik bukan bukti kepemilikan atas tanah. Girik hanya bukti bahwa seseorang diberi kepercayaan untuk mengelola tanah milik adat.

Dengan kata lain, apabila Anda membeli tanah girik tanpa membuatkan sertifikat terlebih dahulu untuk tanah yang bersangkutan, maka bisa timbul masalah di kemudian hari dan hal tersebut meningkatkan risiko kerugian bagi pihak Anda selaku pembeli tanah.  

4. Pastikan tanah aman dari longsor atau banjir

Pastikan tanah yang akan dibeli aman dalam artian tidak rawan longsor atau banjir. Hal ini dapat diketahui dengan melihat kondisi fisik tanah seperti struktur tanah, kontur, dan lain sebagainya. Dengan begitu, tanah tersebut akan menjadi lokasi yang ideal dan bernilai tinggi dalam waktu yang lama. 

Artinya, memilih lokasi yang strategis saja tidak cukup saat Anda akan berinvestasi tanah. butuh banyak pertimbangan karena sejak awal investasi tanah bukanlah sesuatu yang murah. Anda butuh banyak biaya untuk berinvestasi di bidang ini sehingga Anda perlu memastikan investasi tersebut dapat memberikan keuntungan yang diharapkan. 

5. Pandai bernegosiasi

Saat akan berinvestasi tanah, kemampuan bernegosiasi sangat diperlukan. Pasalnya, kemampuan ini akan membantu Anda dalam membeli tanah dijual Lombok yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan dengan harga yang sesuai. 

Oleh karena itulah Anda harus memahami teknik bernegosiasi. Namun, jika Anda merasa kesulitan dan kurang bisa bernegosiasi, Anda dapat menggunakan jasa agen properti yang lebih berpengalaman dalam negosiasi. 

Dengan meminta bantuan agen properti, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir soal negosiasi karena agen properti jelas mengetahui lebih banyak tentang harga-harga yang sesuai serta perbandingan harga tanah di sekitar wilayah tersebut. 

Anda juga dapat mengungkapkan kepada agen properti berapa anggaran yang dimiliki untuk membeli tanah sehingga mereka dapat memperkirakan kisaran harga tanah yang tepat untuk Anda. 

Meski disarankan untuk menggunakan jasa agen properti saat akan berinvestasi tanah, Anda perlu memilih agen yang terpercaya.


Baca juga: Tips Negosiasi Harga Tanah di Lombok