Sebagai salah satu kota yang ada di Pulau Lombok, Mataram merupakan tempat yang patut dikunjungi saat Anda berkunjung ke Lombok. Pasalnya, kota ini menawarkan banyak hal, salah satunya adalah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Bagaimana jika ingin sewa rumah di Lombok?

Jika Anda datang ke Mataram dalam rangka kunjungan wisata, Anda dapat memesan kamar penginapan untuk beberapa hari tergantung dari lamanya Anda tinggal di sana. Namun, beda lagi apabila Anda datang ke Mataram karena baru saja dipindahtugaskan karena pekerjaan. Jika hal ini yang terjadi, kemungkinan besar Anda akan berpikir untuk sewa rumah di Lombok.

Meskipun statusnya kontrak atau menyewa suatu tempat untuk dijadikan tempat tinggal, tetap saja Anda akan merasa khawatir, terutama karena di rumah kontrakan di Mataram tersebutlah Anda akan menghabiskan waktu istirahat dengan maksimal.

Ada beberapa tips tentang cara memilih kontrakan agar tidak salah pilih dan Anda tidak menyesal di kemudian hari. Tips-tipsnya adalah sebagai berikut.

1. Gunakan berbagai cara

Cara yang paling lazim dilakukan saat akan memilih rumah kontrakan adalah dengan datang secara langsung. Meski begitu, berkat teknologi informasi dan komunikasi yang terus mengalami perkembangan, mencari dan melihat rumah kontrakan tidak hanya dapat dilakukan secara langsung, tetapi juga dapat dilakukan secara tidak langsung. Misalnya, dengan memanfaatkan jaringan internet untuk mencari rumah kontrakan di Mataram.

Dengan menggunakan berbagai cara dalam mencari rumah kontrakan, baik secara langsung maupun secara daring, peluang untuk mendapatkan rumah kontrakan dengan cepat dan sesuai pun akan semakin besar. Meski begitu, Anda tetap wajib mengecek kondisi rumah kontrakan dan memastikan bahwa rumah kontrakan tersebut memang sesuai dengan yang dibutuhkan.

2. Survei langsung

Meski menggunakan berbagai cara untuk mencari rumah kontrakan disarankan, termasuk menggunakan cara daring, tetap saja Anda disarankan untuk melakukan survei langsung sehingga dapat melihat rumah kontrakan yang ditawarkan secara langsung. Dengan begitu, Anda dapat melihat seperti apa kondisi rumah kontrakan dan memutuskan apakah rumah kontrakan tersebut perlu dipertimbangkan untuk disewa atau tidak. Tentunya, Anda harus mempertimbangkan berbagai aspek lain selain kondisi rumah kontrakan, seperti harga sewa yang ditawarkan dan kesesuaian antara harga dengan fasilitas yang akan didapatkan.

3. Pastikan harga sesuai dengan fasilitas

Rumah kontakan yang terletak di lokasi strategis seperti rumah pinggir jalan biasanya akan memiliki harga sewa yang lebih mahal. Hal ini wajar karena berada di lokasi strategis dapat memudahkan penghuni kontrakan untuk mendapatkan makanan, sarana transportasi umum, dan lain-lain. Oleh karena itulah sebelum memilih rumah kontrakan yang akan disewa, Anda sebaiknya mengecek dan memastikan harga sewa yang harus dibayar dengan fasilitas yang akan didapatkan, seperti lokasi rumah kontrakan, kemudahan akses terhadap angkutan umum, serta berbagai fasilitas lain yang ada di dalam rumah kontrakan.

Baca juga: Keuntungan Tinggal di Perumahan di Mataram

4. Pastikan rumah sesuai kebutuhan

Menemukan rumah kontrakan di Mataram yang fasilitasnya lengkap dan sesuai dengan harapan tentu dapat membuat Anda merasa sangat senang. Namun, Anda harus paham bahwa fasilitas adalah cerminan dari harga. Maksudnya, apabila fasilitas yang ditawarkan rumah kontrakan lengkap, harga yang harus dibayar saat menyewa kontrakan tersebut pun akan lebih tinggi. Jika Anda menuruti hal ini, dompet Anda mungkin akan menjadi korban. Oleh karena itulah Anda selalu disarankan untuk memilih rumah kontrakan yang sesuai dengan kebutuhan, bukan sekadar melihat fasilitas.

5. Bernegosiasi

Bernegosiasi adalah cara yang tepat untuk mendapatkan rumah kontrakan yang tepat. Pasalnya, tidak semua rumah kontrakan ditawarkan dengan harga sewa yang sesuai. Selain itu, Anda juga bisa bernegosiasi tentang jangka waktu mengontrak.

Umumnya, rumah kontrakan disewakan dalam jangka waktu tahunan. Oleh karena itulah apabila waktu tinggal Anda lebih pendek dari satu tahun, Anda dapat melakukan negosiasi terkait waktu tinggal tersebut. Dengan begitu, harga sewanya pun dapat dikurangi, terutama jika pemilik kontrakan adalah orang yang murah hati.

6. Cek fasilitas

Fasilitas rumah kontrakan memang sangat penting karena di rumah tersebutlah Anda akan tinggal. Meski begitu, Anda tetap perlu mengecek fasilitas yang ada di lingkungan sekitar rumah kontrakan di Mataram tersebut, baik fasilitas umum maupun fasilitas sosial. Hal ini penting karena Anda akan beraktivitas di luar rumah dan melakukan kegiatan sosial. Terlebih jika Anda memiliki anak, pasti anak harus sekolah di lingkungan sekitar.

Oleh karena itulah Anda harus tahu fasilitas apa saja di sekitar rumah kontrakan, termasuk kemudahan penghuni rumah dalam mengakses fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti pasar, minimarket, taman, stasiun, bandara, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Pastikan bahwa Anda mengukur jaraknya dari rumah kontrakan sehingga mengerti seberapa mudah Anda dapat mengakses berbagai fasilitas tersebut, juga memastikan fasilitas keamanan sekaligus.