Kelebihan Investasi Property Mandalika

Mandalika di Lombok Tengah merupakan wilayah yang menawarkan banyak pesona pariwisata. Oleh karena itulah wilayah tersebut kini tengah dikembangkan agar menjadi kawasan pariwisata dengan standar yang lebih baik. Dengan adanya pengembangan wilayah Mandalika, bisnis properti di sekitar kawasan tersebut pun akan berkembang pesat sehingga sangat potensial untuk dijadikan aset investasi.

Jika Anda memiliki cukup modal dan pengalaman, property Mandalika merupakan investasi yang menjanjikan dengan banyak keuntungan.

1.    Peningkatan harga

Kelebihan investasi properti yang dapat memberikan keuntungan bagi Anda adalah peningkatan harga yang hampir selalu ada setiap tahunnya. Peningkatan harga ini selalu ada karena semakin banyak orang yang mencari hunian atau properti untuk ditempati. Padahal, jumlah properti yang tersedia terbatas karena kurangnya lahan hunian atau tempat usaha. Dengan kata lain, permintaan banyak, sementara persediaan kurang dan tidak bisa memenuhi permintaan. 

Peningkatan harga properti tidak terpengaruh inflasi karena kenaikan harganya melebihi kenaikan inlfasi. Artinya, berinvestasi di properti hampir tidak memberikan risiko kerugian.  

2.    Dapat disewakan

Selain kenaikan atau peningkatan harga yang melebihi inflasi, kelebihan memiliki aset properti untuk diinvestasikan adalah properti dapat disewakan. Cara ini dapat dilakukan apabila Anda merasa sayang untuk menjual properti atau belum menemukan pembeli. Jika Anda membangun Rumah Kuta Lombok atau pun hanya tanah kosong, keduanya dapat disewakan. Cara ini membuat Anda dapat menerima pemasukan dari uang sewa dalam jangka waktu yang lama selama aset properti tersebut masih milik Anda.

3.Dapat dijadikan jaminan pinjaman

Terkadang, Anda membutuhkan dana yang besar, misalnya untuk modal usaha. Apabila Anda memiliki aset properti seperti property Mandalika, Anda tidak perlu tergesa-gesa untuk menjualnya untuk mendapatkan modal usaha karena Anda dapat menjadikan aset properti tersebut sebagai jaminan untuk pinjaman modal dari bank. Pasalnya, kebanyakan bank atau lembaga yang memberikan kredit biasanya memberikan prioritas kepada orang-orang yang memiliki jaminan properti. Dengan menjadikan aset properti sebagai jaminan pinjaman, Anda dapat membuka usaha tanpa perlu menjual properti.

4. Dapat menghasilkan arus kas rutin

Saat Anda memiliki aset properti, Anda pasti akan menunggu hingga harganya naik baru kemudian menjualnya. Dalam masa tunggu tersebut, Anda memang tidak akan mendapatkan pemasukan apa pun apabila Anda membiarkan aset properti tersebut begitu saja. Namun, Anda masih bisa mendapatkan pemasukan dari aset property Mandalika dengan cara menyewakannya. Cara ini akan membuat Anda mendapatkan arus kas rutin yang dapat digunakan sebagai dana tambahan untuk melunasi pinjaman bank apabila Anda memiliki utang kepada bank.  

5.   Investasi jangka panjang

Investasi properti sangat cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang dan lebih baik jika dibandingkan dengan emas, deposito, atau investasi lain. Rata-rata jangka waktu investasi bisnis properti adalah antara 3 – 5 tahun. Dengan kata lain, aset properti yang Anda miliki perkembangan nilainya sudah cukup berarti dalam 3 – 5 tahun untuk menghasilkan selisih harga beli dan harga jual (capital gain).

6.Dapat menggunakan modal pihak lain

Kelebihan lain dari investasi property Mandalika adalah dapat diperoleh dengan menggunakan modal pihak lain, misalnya bank. Hal ini dapat dilakukan karena bank akan menjadikan properti yang Anda beli sebagai jaminan pinjaman sehingga Anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 20 – 30 persen dari harga properti yang dibeli untuk kemudian melunasi pinjaman bank tersebut perlahan-lahan.