Ketahui kelebihan investasi tanah kavling Mataram


Agar Anda dapat mempertimbangkan untung/rugi sebelum membeli tanah kavling Mataram, kami rangkumkan kelebihan-kelebihan tanah kavling Mataram.

Mungkin Anda sering melihat spanduk atau brosur soal “jual tanah kavling”. Tapi apa Anda tahu arti dari tanah kavling itu sendiri?

Pengertian Tanah Kavling

Tanah kavling adalah tanah yang sudah dibagi-bagi dan ditata secara rapi sesuai dengan ukuran yang sudah ditetapkan. Penataan ini tujuannya supaya setiap rumah di kavling tersebut dapat dibangun rapi sesuai dengan luas properti yang dimiliki. Biasanya pembagian bertujuan untuk menjual kembali tanah kavling tersebut kepada investor-investor properti.
Tanah kavling akan memudahkan para investor yang sedang mencari rumah tinggal atau sekadar ingin berinvestasi properti. Penawarannya juga bisa lebih mudah karena sudah memiliki tipe dan ukuran yang ditentukan.

Tips Dalam Memilih Tanah Kavling

Kadang terjadi, ketika hendak membeli tanah, calon pembeli kurang teliti karena sedang menggebu-gebu untuk secepatnya memiliki aset. Tapi sebaiknya, Anda harus penuh pertimbangan dalam memilih tanah kavling agar nantinya bisa mendapatkan manfaat yang diharapkan.
- Bandingkan harga sebelum memilih tanah kavling yang akan dibeli. Jangan sampai Anda rugi karena tergiur dengan harga murah yang ditawarkan.
- Cek harga tanah secara online di berbagai sumber.
- Cek Legalitasnya, karena ini merupakan hal yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli properti. Tanyakan apa tanah itu sudah memiliki Sertifikat atau belum.
Kelebihan Investasi Tanah Kavling

Nah, berikut kita masuk pada kelebihan apa saja yang Anda akan dapatkan jika memilih berinvestasi tanah kavling.

a. Lokasinya biasanya Lebih Strategis

Lokasi sebuah tanah kavling biasanya mudah untuk diakses karena pengembang akan memilih lokasi yang strategis, seperti di dalam lingkungan perumahan. Selain itu, kawasannya biasanya akan mudah dijangkau oleh berbagai macam kendaraan, baik pribadi maupun umum.

b. Infrastruktur yang lebih bagus

Selain faktor lokasi yang biasanya lebih strategis, daerah tanah kavling dibuat biasanya memang punya infrastruktur yang lebih memadai. Misalnya jaringan listrik yang sudah tersedia dan jalanan yang sudah terbentuk. Beberapa pengembang bahkan menyediakan fasum hiburan bagi penghuninya.

c. Kenaikan harganya bagus

Tanah merupakan salah satu aset yang memiliki kenaikan harga yang cukup besar setiap tahunnya. Kenaikannya bisa mencapai 20% - 25% setiap tahunnya. Cukup besar bukan? Hal inilah yang menyebabkan para investor lebih memilih tanah kavling sebagai investasi penting mereka. Walau keuntungannya tidak dapat terlihat dalam waktu singkat, namun minimal keuntungan bisa Anda rasakan setelah 5 tahun.

d. Bisa Membangun Rumah Sebelum Lunas

Salah satu kelebihan yang disukai pembeli yang berencana menjadikan tanah kavling sebagai rumah tinggal adalah mereka bisa mulai membangunnya meskipun masih mencicil tanah tersebut. Bayangkan jika Anda membangun rumahnya dari sekarang, beberapa tahun kedepan nilainya pasti akan mengalami peningkatan bahkan bisa jadi akan melambung tinggi.

e. Tidak Banyak Biaya Perawatan

Kalau membeli rumah sebagai investasi, Anda harus menyisihkan biaya untuk perawatan rutin walaupun Anda tidak menempati rumah tersebut. Seperti Biaya kebersihan, air hingga listrik. Sedangkan berinvestasi tanah Anda hanya perlu meninjau sesekali dan membersihkannya jadi tidak memerlukan biaya terlalu banyak.

f. Bisa Membuat Rumah Sendiri Dengan Kualitas Yang Lebih Baik

Setelah membeli tanah kavling, Anda bisa membangun sendiri rumah yang Anda inginkan dan bisa mengontrol penuh seperti apa rumah tersebut. Anda bisa memilih model rumahnya, bahan bangunannya, lalu Anda juga bisa menyesuaikan pengeluarannya dengan anggaran yang dimiliki saat itu.

g. Sebagai Asset Bisnis

Anda bisa memanfaatkan tanah kavling yang dibeli sebagai tempat bisnis. Anda bisa mengelolanya sendiri misalnya dengan merubahnya jadi kebun sayur atau menyewakannya pada orang lain yang membutuhkan tempat usaha. Jangan Anda biarkan tanah yang Anda beli menjadi lahan kosong saja, pikirkan kesempatan apa yang bisa dipakai untuk menambah penghasilan.

h. Kecil kemungkinan terjadi Kerusakan

Keuntungan tambahan dari tanah kavling selain tidak butuh banyak perawatan, tanah kavling juga sangat kecil kemungkinan terjadi kerusakan. Berbeda dengan perkebunan atau pertanian yang memerlukan perawatan tertentu setiap waktu.

i. Bisanya Memiliki Fasilitas yang Menunjang

Jika tanah tersebut ada di dalam perumahan, tanah kavling pastinya akan memiliki fasilitas yang menunjang. Biasanya dekat dengan tempat belanja, hiburan, olahraga, Restoran, dan rumah sakit.

Itulah pengertian dan kelebihan dari tanah kavling Mataram. Berhati-hatilah dalam berinvestasi properti, cek dulu review dan bandingkan harga sebelum membeli tanah kavling Mataram. Anda bisa mendapat perbandingan harga tanah dan properti lainnya disini