Sebagian besar dari Anda mungkin tidak asing lagi dengan Kota Mataram yang merupakan ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Anda yang pernah atau bahkan beberapa kali menyambangi Lombok tentu sangat tidak asing dengan kota ini. Sebab, provinsi NTB memiliki dua pulau utama yang besar, yaitu Pulau Lombok dan yang satunya adalah Pulau Sumbawa.

Kelebihan Tinggal di Perumahan di Mataram

Walaupun hampir tidak terlalu menarik untuk dikunjungi saat liburan, Kota Mataram menyenangkan untuk dijadikan tempat tinggal. Bahkan, sudah ada beberapa mall dan pusat perbelanjaan yang bisa disambangi untuk mencari kebutuhan atau sekadar mengisi waktu luang. Selain itu, ada juga wisata rohani, budaya, dan juga kuliner yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tinggal di Kota Mataram. Ada banyak sekali jenis makanan terkenal yang menjadi ciri khas dari Pulau Lombok.

Biaya hidup di Kota Mataram juga cenderung murah. Sayangnya, memang kota ini belum dilengkapi dengan transportasi publik yang mumpuni, seperti angkutan umum. Kemungkinan akan sedikit sulit bagi Anda yang akan tinggal di Kota Mataram tanpa kendaraan pribadi. Untungnya, kini sudah ada alternatif transportasi yang memudahkan masyarakat Kota Mataram, yaitu transportasi online yang terkenal sangat fleksibel. Sehingga, Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi pun bisa tetap bepergian dengan nyaman dan aman.

Anda sedang mencari hunian yang nyaman di Mataram? Nah, bagi Anda yang memang sudah mantap memilih untuk menetap di Mataram atau sekadar memiliki properti untuk kebutuhan liburan dan bisnis, ada baiknya ikuti saran dari kami agar memiliki perumahan di Mataram. Sebab, ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Simak yang berikut.


Desain Modern

Perumahan di Mataram sudah diperhitungkan sedemikian rupa mengenai masalah desain. Sudah tentu desain dikerjakan oleh tenaga ahli yang memang sudah paham sekali perihal letak geografis hingga konsep yang sesuai dengan iklim di Mataram. Sebab, perumahan memang umumnya mementingkan desain. Karena prinsipnya, desain yang indah akan melahirkan sebuah perumahan yang bergengsi.


Bebas dari Kebisingan

Sebagai kota yang ada di dekat daerah tujuan wisata, maka sudah pasti perumahan di Mataram dikelola oleh pengembang yang terpercaya. Lokasi perumahan bisa dipastikan bebas dari kebisingan yang ditimbulkan dari lalu lintas jalan raya.


Lebih Aman dan Nyaman

Tinggal di perumahan sudah tentu yang paling diunggulkan adalah soal keamanannya, khususnya perumahan dengan model kluster. Penerapan one gate system atau sistem satu gerbang yang menjadi ciri khas perumahan membuat siapa saja yang lalu lalang keluar dan masuk perumahan lebih terpantau.

Ditambah lagi, perumahan model ini sudah pasti ada pos penjagaan yang siap siaga 24 jam non-stop dan CCTV di setiap sudut jalan perumahan. Sehingga, bisa dipastikan keamanan seluruh kompleks perumahan aman terkendali. Rasa aman ini tentu bisa membuat Anda lebih nyaman menetap di sebuah hunian. Anda jadi bisa fokus dalam melakukan aktvitas sehari-hari.


Interaksi Antar Warga Tetap Terjalin

Meski tinggal di perumahan, bukan berarti interaksi sosial antar warga berkurang. Dengan adanya ruang publik yang disediakan di sekitar perumahan, tentu saja memungkinkan bagi para penghuni rumah untuk bisa berinteraksi. Fasilitas publik yang ada di perumahan, antara lain ruang terbuka, lapangan olahraga, taman bermain anak, masjid, hingga fasilitas gym.


Privasi Terjaga

Interaksi sosial yang dibangun di perumahan tidak lantas membuat privasi Anda terganggu. Privasi Anda tetap terjaga. Sebab, tidak sembarang orang bebas masuk ke perumahan, apalagi ke rumah Anda. Biasanya, sistem keamanan perumahan sudah mengatur sedemikian rupa agar para penghuninya merasa aman dan nyaman dari yang dianggap gangguan.


Fasilitas Publik Lengkap

Seperti yang telah disebutkan, perumahan umumnya menyediakan fasilitas publik yang lengkap. Mulai dari ruang terbuka hijau hingga fasilitas olahraga, semua tersedia dan tinggal digunakan sebagaimana dibutuhkan. Inilah yang menjadi kelebihan tinggal di perumahan di Mataram. Anda juga tidak perlu lagi direpotkan dengan urusan pemasangan listrik maupun air, karena semuanya sudah diatur dan diurus langsung oleh pengembang.


Ruang Bermain Lengkap dan Nyaman

Ruang bermain adalah salah satu fasilitas yang wajib ada di setiap perumahan. Dengan adanya ruang bermain khusus, orang tua tidak perlu khawatir saat anaknya bermain dan mengeksplorasi sekitar. Bukan hanya di lokasi terbuka, biasanya perumahan juga menyediakan ruang bermain di dalam ruangan atau indoor.

Para orang tua juga bisa tenang mengajak anaknya bermain ke luar rumah, karena jalan lingkungan perumahan sengaja dibuat dengan ukuran yang lebar. Biasanya, jalan perumahan bisa muat selebar dua mobil. Dengan tersedianya fasilitas bermain anak dan lingkungan yang penuh kenyamanan serta keamanan, tumbuh kembang anak tentunya akan lebih maksimal.


Dekat dengan Tempat Wisata

Kelebihan yang satu ini tentu tidak dimiliki banyak perumahan di Indonesia. Alam yang indah di Pulau Lombok adalah anugerah yang patut disyukuri bagi mereka yang tinggal di sekitarnya. Jika tinggal di perumahan di Mataram, sudah pasti Anda tidak akan pernah bosan. Bosan sedikit, Anda bisa liburan singkat ke tempat wisata yang jadi tujuan banyak orang.

Lokasi Mataram yang berada di pulau tujuan wisata lokal, bahkan internasional, membuat Kota Mataram sangat berdampingan dengan banyak sekali tempat wisata. Mulai dari wisata kuliner, museum, pantai, gunung, air terjun, dan sebagainya, mudah sekali dijangkau dari Mataram. Anda bisa menjangkau tempat wisata dengan menggunakan transportasi darat saja, kecuali jika Anda akan menyebrangi Pulau Lombok.

Untuk menuju ke Lombok dari Mataram, Anda bisa melakukan perjalanan darat dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam atau sekitar 50 menitan saja. Sudah ada jalan baru yang menghubungkan antara Mataram dengan Lombok, sehingga menuju Lombok dari Mataram untuk kebutuhan liburan Anda, bisa dilalui dengan waktu yang sangat singkat. 

Itulah beberapa kelebihan tinggal di perumahan di Mataram. Hal yang paling penting adalah dari segi sosial di Mataram yang akan membuat Anda betah tinggal di tempat ini. Dari segi sosial masyarakatnya, Mataram bisa dikatakan sangat ramah dan sudah melek keberagaman. Siapa saja bisa dengan mudah di terima di kota ini.

Sebenarnya, hal ini adalah wajar, mengingat Mataram merupakan ibu kota provinsi. Sehingga, suku yang menetap di sini cukup beragam. Kehidupan masyarakat di Mataram begitu harmonis, meski yang tinggal tidak berasal dari satu suku yang sama. Anda tidak perlu khawatir untuk tinggal di Mataram.

Semua kelebihan yang telah disebutkan di atas sangat mungkin Anda dapatkan jika memilih tinggal di perumahan di Mataram. Bagi Anda yang ingin mendapatkan semua kelebihan ini, pastikan Anda memilih tinggal di perumahan. Lokasinya yang juga dekat dengan daerah tujuan wisata, memungkinkan Anda untuk berinvestasi properti di tempat ini.