Mencari perumahan di Mataram Lombok?

Tempat tinggal merupakan salah satu jenis kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Meski ada banyak pilihan hunian kini, rumah tapak masih menjadi jenis hunian yang paling diminati karena berbagai alasan, mulai dari sosialisasi yang lebih tinggi, lebih luas, ada pekarangan, dan sebagainya. Apalagi, jika Anda memilih tinggal di perumahan Mataram Lombok.

Memutuskan tinggal di perumahan, bisa dikatakan menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin tinggal di rumah tapak. Sebab, Anda tidak perlu lagi memikirkan proses pembangunan rumah yang sudah dipikiekan oleh developer. Anda hanya perlu mempersiapkan isian rumah dan merenovasinya jika memang dibutuhkan. Bahkan, Anda bisa meminta rumah custom pada developer sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, tinggal di perumahan sudah siap huni.

Mencari perumahan di Mataram Lombok sejatinya tidaklah sulit. Kini banyak pembangunan perumahan oleh developer di daerah Mataram yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Mulai dari rumah yang besar pekarangannya, rumah yang luas bangunannya, hingga rumah yang berada pada perumahan lingkup kecil serupa cluster, semua tersedia di Mataram Lombok.

Namun demikian, harga rumah-rumah di perumahan di Mataram Lombok yang terus meningkat, semakin menyulitkan masyarakat untuk memiliki rumah sendiri. Persoalan yang paling mendasar adalah rata-rata kenaikan gaji karyawan yang tidak sebanding dengan kenaikan harga rumah yang bergerak begitu cepat seiring dengan perkembangan pembangunan yang juga pesat.

Dari beberapa data BPS yang dihimpun, menunjukkan bahwa meski gaji seseorang naik dari tahun ke tahun, tetapi harga rumah juga mengalami hal demikian. Sehingga, semakin sulit untuk dikejar. Fakta inilah yang menjadi acuan, bahwa Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bisa saja menjadi solusi untuk masyarakat lebih mudah mendapatkan rumah impian. Tentu saja, KPR juga bisa diambil bagi karyawan dengan kriteria penghasilan tertentu. Oleh karena itu, simak cara cerdas membeli rumah di Perumahan di Mataram Lombok jika ingin menggunakan KPR.

·      Pahami kelayakan Anda mencicil rumah

Bank atau suatu lembaga kredit akan memberikan kepercayaan atau penilaian yang baik terhadap Anda karena ketepatan pembayaran angsuran. Karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman dana, sebaiknya pahami dan evaluasi terlebih dahulu apakah Anda layak untuk mencicil rumah. Caranya dengan memahami rasio utang yang berbanding dengan aset Anda.

·      Investasikan dana untuk DP rumah

Jika memang berencana memiliki rumah di perumahan di Mataram Lombok, ketahuilah terlebih dahulu kapan Anda akan membeli rumah dan kapan membayar uang mukanya (DP). Ketahui juga secara rinci berapa dana yang harus dikeluarkan dan disisihkan. Baru kemudian sisihkan dan tabungkan dana pembelian rumah di instrument investasi yang rendah resiko dan memiliki hasil yang tetap.

·      Siapkan dana darurat

Dana darurat sangat penting disiapkan bagi Anda yang berencana untuk melakukan pinjaman dana. Ketersediaan dana darurat idealnya 3 hingga 6 kali pengeluaran per bulan. Semakin banyak tanggungan Anda, maka semakin besar pula kebutuhan dana darurat yang harus disiapkan. Jangan berani-berani berhutang atau melakukan pinjaman jika Anda tidak memiliki dana darurat.

·      Pastikan cicilan tidak lebih dari 35% dari penghasilan

Cicilan rumah yang ideal, maksimalnya adalah 35% dari penghasilan Anda. Tujuannya, agar Anda tidak perlu lagi mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan pokok, asuransi, hingga investasi untuk biaya cicilan rumah di perumahan di Mataram Lombok.