Perumahan merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki rumah tapak tanpa perlu repot memikirkan proses pembangunan rumah. Dengan membeli rumah siap huni di perumahan, Anda akan merasakan banyak kemudahan karena dapat langsung menghuni rumah tersebut.

Cara Memilih Perumahan yang Tepat

Karena rumah adalah tempat untuk tinggal dan beristirahat, kenyamanan perlu diutamakan. Oleh karena itulah Anda perlu memperhatikan berbagai hal sebelum membeli rumah di perumahan, termasuk perumahan di Mataram Lombok. Agar tidak salah pilih, Anda harus tahu cara memilih perumahan yang tepat.


1. Mencari info tentang perumahan

Mencari info tentang perumahan adalah hal pertama yang harus dilakukan saat Anda akan membeli rumah yang ada di perumahan di Mataram Lombok. Pasalnya, ada banyak perumahan yang ditawarkan. Oleh karena itulah Anda harus mencari sebanyak mungkin informasi tentang perumahan yang ditawarkan di wilayah yang Anda pilih.

Bagaimana lokasinya? Bagaimana aksesnya? Apakah dekat dengan jalan raya? Karena rumah pinggir jalan tentunya memiliki keunggulan dibandingkan yang aksesnya terlalu jauh.

Anda dapat mencari informasi dari brosur maupun internet. Dengan mencari tahu tentang perumahan-perumahan yang ditawarkan, Anda akan tahu standar perumahan yang ditawarkan di area tersebut. Sambil membandingkan perumahan yang satu dengan perumahan lainnya, Anda dapat memilih mana perumahan yang paling ideal dan cocok untuk Anda. 

2. Melakukan survei dan pastikan status rumah

Setelah mencari informasi tentang perumahan apa saja yang ditawarkan di area yang Anda pilih, Anda dapat melakukan survei ke beberapa perumahan yang menarik perhatian. Saat melakukan survei, disarankan agar Anda mendatangi lokasi perumahan yang disukai terlebih dahulu tanpa membuat janji dengan pihak developer atau marketing perumahan. Hal ini penting agar Anda mengetahui bahwa apa yang tertera di brosur sesuai dengan kondisi perumahan yang asli.

Sambil melakukan survei, Anda bisa mencari tahu tentang status rumah apakah rumah yang ditawarkan di perumahan tersebut merupakan rumah siap huni atau rumah inden yang harus dibangun terlebih dahulu. Jika berupa rumah inden, Anda perlu memilih lokasi yang tersedia. Dengan mengetahui status rumah, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Jual Rumah di Lombok

3. Pilih developer yang kredibel

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih perumahan di Mataram Lombok adalah memilih developer yang dapat dipercaya. Jangan percaya dengan rumah berharga murah dengan fasilitas mewah. Cek harga rata-rata yang ditawarkan di wilayah tersebut agar Anda bisa menimbang mana yang menawarkan harga sesuai dan masuk akal. Jika perlu, pilih developer yang telah memiliki catatan baik dan dapat dibuktikan kredibilitasnya oleh pelanggan lain.

4. Pilih lingkungan perumahan yang bersih

Lingkungan perumahan sangat memengaruhi kenyaman orang-orang yang tinggal di sana. Oleh karena itulah Anda perlu mempertimbangkan kebersihan lingkungan perumahan. Anda dapat mengecek kebersihan lingkungan perumahan saat melakukan survei. Pastikan Anda melihat sistem pembuangan sampah yang diterapkan di perumahan tersebut, selokan, serta saluran air di sana.

5. Cek fasilitas dan kualitas

Anda disarankan untuk memilih perumahan di Mataram Lombok berdasarkan fasilitas dan kualitas. Sama seperti kebersihan lingkungan, hal ini sangat penting karena berkaitan dengan kenyaman penghuni perumahan. Oleh karena itulah Anda dapat mencari tahu tentang fasilitas apa saja yang ada di perumahan tersebut, mulai dari tempat ibadah, tempat bermain anak, fasilitas keamanan, dan lain sebagainya. Pilih perumahan dengan fasilitas yang sesuai kebutuhan. Selain itu, pastikan Anda juga mengecek kualitas bangunan di perumahan yang bersangkutan sehingga dapat menghindari rumah berkualitas rendah.