Bagi Anda yang sedang mencari properti ataupun ingin menjual properti, hal yang mungkin terlintas dalam pikiran Anda adalah berapa harga yang tepat untuk sebuah properti yang harus Anda bayarkan ataupun Anda jual. Seringkali, sebagian dari Anda masih merasa bingung berapa tepatnya harga dari properti tersebut.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui berapa kisaran harga dari sebuah properti yang ingin Anda beli ataupun Anda jual. Cara-cara inipun terbilang sangat mudah untuk Anda lakukan. Nah, bagi Anda yang saat ini ingin mengetahui berapa kisaran harga sebuah properti yang pas, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan :

Dengan menghitung berdasarkan komponen properti

Cara yang satu ini bisa dibilang cara yang paling umum dan paling banyak dilakukan oleh beberapa orang pada saat mereka akan menjual sebuah properti. Untuk bisa mengetahui cara yang satu ini, Anda bisa menghitungnya berdasarkan nilai pasar dengan menggunakan rumus seperti di bawah ini.

Nilai Properti = harga tanah + nilai bangunan + sarana pelengkap

Untuk  bisa mengetahui berapa harga tanah, Anda bisa melakukan survey dengan menanyakan ke beberapa tetangga mengenai harga tanah per meter yang berdekatan dengan lokasi properti Anda. Jika sudah, Anda kemudian bisa mengalikannya dengan berapa meter tanah dari properti Anda sendiri.

Nah, untuk bisa mendapatkan nilai bangunan caranya Anda bisa menanyakannya kepada kontraktor ataupun kepada developer agar bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Jika sudah, Anda baru bisa mengalikan harga nilai bangunan dengan luas bangunan yang Anda miliki.

Sedangkan untuk sarana pelengkap caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal menghitung berapa harga perlengkapan properti yang disesuaikan dengan kondisi serta harga pasar. Jika ketiga unsur tersebut sudah Anda gabung, Anda tinggal menjumlahkannya.

Dengan membuat perbandingan harga pasar

Cara menilai harga sebuah properti selanjutnya yaitu dengan membuat perbandingan dengan harga pasar terkini. Cara yang satu ini pun terbilang cukup simple dan mudah. Anda hanya tinggal membandingkan dengan properti yang memiliki tipe sama dengan properti Anda. Namun, agar bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat, sangat disarankan untuk menaksirnya dengan membandingkan beberapa properti yang memiliki tipe sama.

Menghitung berdasarkan NJOP properti

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menilai harga sebuah properti ialah dengan menghitungnya berdasarkan NJOP properti.  Untuk bisa menaksir harga sebuah properti, Anda hanya tinggal melihat NJOP dari properti tersebut. Akan tetapi  cara yang satu ini dianggap kurang tepat karena beberapa kasus yang terjadi ternyata harga tanah yang ada di NJOP jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan harga pasar.

Setelah Anda mengetahui 3 cara menilai harga sebuah properti tentunya bukan menjadi hal yang sulit lagi bagi Anda bukan?  Kalaupun Anda kesulitan, ingat Hi-Project akan membantu Anda memasarkan properti Anda dengan harga yang tepat.


Sumber: Yuk bisnis properti