Tips dan trik jual rumah Mataram

Properti merupakan salah satu aset yang dapat dijadikan investasi. Pasalnya, harga properti cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun dan risiko kerugiannya kecil. Hal ini dapat terjadi karena orang selalu membutuhkan properti seperti tanah, rumah, apartemen, maupun ruko. Dari waktu ke waktu, semakin banyak orang yang membutuhkan properti, sementara tanah atau lahan yang tersedia untuk membangun properti semakin sempit dan terbatas. Oleh karena itulah harga properti akan selalu naik.

Jika Anda memiliki rumah, misalnya di Mataram dan ingin menjualnya, maka Anda harus mengetahui beberapa tips dan trik jual rumah Mataram. Dengan mengetahui beberapa hal tentang cara menjual rumah, Anda akan dapat menjual rumah dengan cepat.

Nilai atau harga suatu rumah ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari lokasi rumah tersebut dibangun, kondisi bangunan, luas tanah beserta bangunannya, serta harga rumah rata-rata di sekitar wilayah tersebut. Artinya, Anda harus memperhatikan beberapa hal tersebut sebelum menentukan harga yang sesuai untuk rumah yang akan dijual. Berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan agar aset rumah yang Anda miliki lebih cepat terjual

1.    Melakukan survei harga

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan survei harga. Dengan melakukan survei harga rumah di sekitar lokasi, Anda akan tahu harga rata-rata rumah yang dijual di wilayah tersebut. Berikutnya, Anda dapat menjadikan harga rata-rata tersebut sebagai patokan untuk memasang harga rumah yang akan dijual.

Anda juga perlu mempertimbangkan kondisi rumah serta luas tanah dan bangunan untuk menentukan harga rumah yang akan dijual. Namun, pastikan bahwa harga rumah yang ditentukan tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah dari harga rata-rata. Dengan begitu, calon pembeli tidak akan merasa curiga karena harga rumah yang terlalu murah atau mundur dengan sendirinya karena harga rumah yang terlalu mahal.

2.    Pilih waktu yang tepat

Tidak hanya menentukan harga yang sesuai, Anda juga disarankan untuk jual rumah Mataram di waktu yang tepat. Maksud menjual rumah di waktu yang tepat adalah menjualnya saat suku bunga sedang turun dan inflasi sedang turun. Terjadinya penurunan suku bunga ini akan berpengaruh terhadap bunga KPR dan membuatnya menjadi stabil. Akibatnya, orang-orang pun akan mengambil kesempatan tersebut untuk membeli properti. Dengan memilih waktu yang tepat, rumah Anda pun akan lebih cepat terjual.

3.    Pahami kelebihan dan kekurangan rumah

Saat menjual rumah, tentunya Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan rumah tersebut agar dapat menonjolkan kelebihan tersebut sekaligus memperbaiki kekurangannya.  Biasanya, rumah yang kondisinya baik sekitar 80% dapat dijual secara langsung tanpa diperbaiki terlebih dahulu. Namun, apabila kondisinya kurang layak, sebaiknya dilakukan renovasi terlebih dahulu agar calon pembeli tidak ragu untuk membeli rumah tersebut. Rumah yang terlalu lama kosong juga menyebabkan kondisinya tidak baik. Sambil menunggu rumah Anda terjual, daripad membiarkannya kosong, ada baiknya Anda menyewakannya, karena banyak juga yang mencari rumah kontrakan di mataram.

4.    Pilih agen atau situs properti yang kredibel

Jual rumah Mataram dapat dilakukan secara luring maupun dengan memanfaatkan media internet alias daring. Apabila Anda berniat untuk menjual rumah secara luring atau offline, maka disarankan untuk memilih agen properti yang kredibel atau terpercaya. Sebaliknya, jika berniat untuk menjual rumah secara daring, maka Anda harus memilih situs properti yang terpercaya. Anda dapat mengetahui suatu agen atau situs properti dapat dipercaya atau tidak dengan cara melihat baik atau tidaknya reputasi dari suatu situs atau agen properti.


 Baca juga: Tips Memilih Perumahan di Mataram Lombok Agar Tidak Salah Pilih