Memiliki rumah bisa menjadi impian sederhana bagi beberapa orang. Pasalnya, rumah adalah kebutuhan utama manusia yang setara dengan makanan dan pakaian. Sayangnya, semakin sedikit lahan yang tersedia untuk membangun rumah, harga rumah pun semakin mahal sekalipun untuk rumah dengan desain sederhana dan luas yang pas-pasan.

Hal ini membuat orang-orang merasa kesulitan untuk membeli rumah sendiri karena dibutuhkan waktu yang lama untuk menabung dan mengumpulkan uang.

Namun, jika Anda merasa kesulitan membeli rumah, Anda dapat mengajukan untuk mendapat rumah bersubsidi. Rumah bersubsidi termasuk rumah subsidi di Lombok memiliki kualitas yang cukup baik dan harganya lebih terjangkau.

Tentang Rumah Subsidi di Lombok

Tidak hanya bahan bakar yang disubsidi, pemerintah pun menyediakan subsidi untuk rumah (FLPP). Rumah subsidi di Lombok atau di mana pun jenis hunian ini tersedia, harganya lebih terjangkau dibanding rumah tak bersubsidi sehingga Anda tidak perlu menabung terlalu lama untuk membelinya. Dengan adanya rumah subsidi ini, siapa pun bisa memiliki rumah sendiri.

Ada empat keuntungan yang dapat Anda peroleh dari rumah subsidi Lombok, yaitu sebagai berikut.

1. Harga terjangkau

Keuntungan pertama yang dapat diperoleh dari membeli rumah subsidi adalah harganya yang lebih terjangkau dibanding rumah non subsidi. Hal ini dapat terjadi karena pemerintah telah memberikan bantuan kepada FLPP sehingga rumah-rumah yang dihasilkan pun dibanderol dengan harga yang murah.

Target rumah subsidi memang untuk masyarakat yang penghasilannya rendah (MBR) dengan gaji antara Rp2,5–4 juta per bulannya. Dengan harga yang murah serta terjangkau, orang-orang dengan penghasilan rendah pun dapat menabung untuk membeli dan memiliki rumah sendiri.

Tentunya jangka waktu yang diperlukan untuk menabung hingga terkumpul uang masih lebih singkat dibanding jangka waktu mengumpulkan uang untuk membeli rumah non subsidi.

Selain dapat dibeli dengan cara menabung dan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit, membeli rumah subsidi juga dapat dilakukan secara kredit dengan menggunakan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Bagi Anda yang membeli rumah subsidi dengan menggunakan KPR, tidak perlu khawatir karena Anda akan mendapatkan keringanan saat membeli rumah subsidi, yaitu berupa suku bunga yang stabil. Suku bunga kredit telah disubsidi oleh pemerintah sehingga masyarakat pun dapat memperoleh suku bunga flat.

2. Lokasinya strategis

Lokasi rumah subsidi dibangun umumnya disalahartikan oleh masyarakat sebagai lokasi yang tidak strategis karena lokasinya jauh dari pusat kota sehingga mereka merasa enggan untuk membeli rumah subsidi tesebut. Padahal, lokasi dibangunnya rumah subsidi adalah tempat yang diproyeksikan sebagai kota mandiri di masa depan. Dengan kata lain, meski lokasi pembangunan rumah subsidi lumayan jauh dari pusat kota, lokasi pembangunan rumah subsidi tersebut berada di kawasan penyangga kota besar. Artinya, banyak kemungkinan lokasi tersebut akan menjadi kota yang mandiri di masa depan dalam waktu beberapa tahun mendatang.

Oleh karena itulah Anda tidak perlu khawatir tentang lokasi rumah subsidi termasuk rumah subsidi di Lombok. Apabila Anda merasa khawatir dengan akses ke fasilitas umum yang kurang baik, Anda bisa bernapas lega karena bersamaan dengan pembangunan rumah subsidi, pembangunan infrastruktur seperti moda transportasi umum dan jalan raya juga dilakukan agar masyarakat dapat memperoleh akses yang lebih mudah ke fasilitas umum.

Baca juga: Tips Memilih Agen Properti Lombok

3. Developer terpercaya

Meski dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding rumah non subsidi, rumah subsidi FLPP tidak perlu diragukan lagi kualitas bangunannya. Pasalnya, FLPP dibangun oleh developer yang telah ditunjuk langsung oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Artinya, rumah subsidi yang ada di mana pun termasuk rumah subsidi di Lombok dikembangkan oleh developer yang memang telah dipercaya oleh pemerintah.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan rumah non subsidi yang dibangun dan dikembangkan oleh berbagai developer, baik developer baru atau tidak atau dengan track record yang bersih atau tidak.

Tidak seperti developer rumah non subsidi, rumah subsidi dari pemerintah dikerjakan oleh developer yang telah terdaftar dalam asosiasi pengembang perumahan di Indonesia seperti REI dan APERSI yang memiliki lisensi resmi dan tidak akan menipu Anda.

4. Persyaratannya mudah

Selain harganya terjangkau, rumah subsidi di Lombok dan di tempat lain dapat diperoleh dengan syarat yang mudah. untuk membeli rumah bersubsidi, Anda hanya perlu mempersiapkan persayaratan seperti e-KTP untuk membuktikan bahwa Anda adalah WNI dengan usia minimal 21 tahun. Anda juga harus memiliki penghasilan tetap hingga maksimal Rp4 juta per bulan, memiliki NPWP, serta harus menunjukkan PPh dan SPT.

Selain harus memenuhi beberapa syarat umum tersebut, Anda juga perlu memenuhi syarat lain untuk mendapatkan rumah subsidi, yaitu belum pernah memiliki rumah pribadi dan tidak pernah menerima menerima subsidi pada kepemilikan rumah sebelumnya.


Nah, itulah keuntungan yang akan Anda dapatkan dari membeli rumah subsidi di Lombok. Sudah menemukan rumah subsidi yang Anda cari?