Memilih Rumah Subsidi di Lombok tantangan tersendiri

Hunian merupakan salah satu kebutuhan primer yang perlu dimiliki seseorang, khususnya bagi mereka yang sudah mulai berkeluarga. Meski sudah banyak pembangunan hunian vertikal di Indonesia, namun rumah tapak masih menjadi jenis hunian yang diminati banyak orang. Hal ini karena rumah masih memiliki banyak kelebihan.

Meningkatnya harga rumah dari tahun ke tahun, membuat sebagian besar masyarakat Indonesia kesulitan untuk memiliki rumah sendiri. Karena kondisi kesulitan inilah, pemerintah bersama developer properti bekerja sama dalam mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan membangun rumah subsidi. Dengan harapan bisa membantu masyarakat yang sulit memiliki rumah, juga tentunya sebagai investasi jangka panjang.

Bukan hanya di Jakarta, di beberapa daerah tujuan wisata juga sudah banyak dibangun rumah subsidi, seperti daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di daerah yang memiliki panorama alam yang luar biasa indah ini juga banyak dibangun rumah subsidi. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan rumah subsidi?

Rumah subsidi adalah rumah yang dijual dengan harga lebih terjangkau. Pembeli rumah subsidi dapat dengan mudah mengajukan KPR dengan bunga flat. Hal ini bisa terjadi karena rumah telah disubsidi oleh Pemerintah dan Kementerian PUPR, serta hasil kerjasama dengan beberapa developer properti yang berkompeten membangun rumah murah.

Membeli BTN subsidi lombok bisa menjadi solusi bagi Anda yang baru memiliki keluarga ataupun baru memulai karier dengan kebutuhan tempat tinggal sendiri. Selain itu, rumah subsidi bisa jadi pilihan tepat untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan pendapatan UMR. Dibandingkan Anda menyewa kontrakan, kamar kost, apalagi apartemen, lebih baik gunakan pendapatan Anda untuk mencicil rumah subsidi. Dengan demikian, memiliki rumah bagi Anda bukan lagi sebatas angan.

Anda tidak perlu khawatir akan lokasi yang kurang nyaman, sebab biasanya rumah subsidi justru dibangun di daerah urban yang notabene padat penduduk. Karenanya, rumah subsidi di Lombok biasanya dibangun di daerah Mataram dan sekitarnya. Daerah ini jadi tempat favorit bagi masyarakat yang sehari-harinya bekerja tak jauh dari pusat kota.

Banyaknya rumah subsidi yang dibangun saat ini sangat memungkinkan untuk Anda bisa memilih yang terbaik. Berikut ini kami berikan tips memilih rumah subsidi di Lombok sebagai pertimbangan Anda dalam memilih rumah subsidi.

• Kualitas bangunan

Secara kualitas, tentu rumah subsidi tidak bisa dibandingkan dengan rumah komersil yang harganya saja sudah lebih di atas Rp 500 jutaan. Namun demikian, rumah subsidi tidak selalu memiliki kualitas yang buruk juga. Ada banyak sekali rumah subsidi dengan kualitas baik. Karenanya, Anda harus cerdas dalam memilih mana rumah subsidi yang akan dibeli.

Penting sekali untuk memperhatikan betul kualitas bangunan dari rumah subsidi yang akan jadi pilihan Anda. Mulai dari pondasinya, eksterior dan interiornya, hingga cat yang digunakan. Pastikan juga interior rumah sudah dilakukan pengecatan, dipasangkan keramik, dan juga dipasang plafon. Ini merupakan hal penting, karena menentukan kenyamanan sebuah rumah yang akan Anda huni.

• Lokasi rumah subsidi

Lokasi juga merupakan aspek penting dalam sebuah properti. Rumah subsidi di Lombok memang letaknya tidak jauh dari pusat kota dan keramaian. Namun, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan sekitar lokasi rumah, apakah lokasinya betul-betul cukup strategis? Apakah sudah berada dekat dengan fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan dan fasilitas kesehatan?

Jika sudah memenuhi hal tersebut, maka rumah tersebut bisa Anda pilih. Sebab, kadang ada rumah subsidi yang lokasinya bisa dikategorikan terpencil, meki berada di tengah kota. Sehingga, kondisi ini sama saja tidak memudahkan akses Anda, apalagi bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Untuk itu, pastikan lokasi rumah subsidi di Lombok yang akan dipilih sesuai kebutuhan.

• Cari tau mendalam rekam jejak developer

Hal yang satu ini seringkali diabaikan para pembeli rumah subsidi. Dengan embel-embel ‘yang penting murah’ atau ‘pemerintah’, belum tentu developer memiliki track record yang baik. Sama saja seperti rumah komersial lainnya, rumah subsidi juga dibangun oleh developer properti swasta. Hanya saja, mereka memang bekerja sama dengan pemetintah dalam mengembangkan rumah subsidi. Oleh karenanya, bukan tidak mungkin Anda terkena penipuan berkedok ‘rumah murah’ oleh developer yang tidak jelas rekam jejaknya.

Dengan mengetahui rekam jejak developer rumah subsidi incaran Anda, maka Anda akan mengetahui portofolio produk properti lainnya yang sudah dikembangkan oleh developer tersebut. Dengan begitu pula, Anda bisa terhindar dari penipuan atau suatu hal yang tidak diinginkan. Nilai plusnya lagi, Anda jadi bisa memperkirakan kualitas bangunan yang akan dibangun untuk rumah subsidi berdasarkan dari portofolio developer. Sebab, jangan salah, brand image sebuah developer juga menentukan trust konsumen. Semakin baik brand image sebuah developer, maka nilai investasi berpotensi tinggi pula.