Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, tidak heran jika seseorang merasa harus memiliki rumah. Saat kebutuhan primer, seperti sandang, pangan, dan juga papan terpenuhi, maka kehidupannya dapat dikatakan sejahtera. Tingginya permintaan masyarakat terhadap rumah siap huni membuat harga rumah terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini pulalah yang membuat sebagian orang merasa kesulitan untuk mendapatkan rumah yang sesuai dengan bujet mereka.

Peningkatan harga rumah yang terjadi setiap tahun juga kerap dijadikan sebagai peluang bisnis properti dan investasi dengan hasil yang menguntungkan. Pemerintah dan pihak pengembang properti mencoba untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat dengan cara membangun rumah bersubsidi. Lantas, apa itu rumah bersubsidi?

Rumah subsidi merupakan rumah yang dijual terjangkau sehingga para calon pembeli dapat lebih mudah mengajukan KPR dengan bunga yang lebih flat. Rumah subsidi Lombok memiliki bunga yang flat karena sudah disubsidi oleh pemerintah bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta menjalin kerja sama dengan berbagai developer properti untuk membangun rumah dengan harga murah. Pemerintah tidak sekadar memberi subsidi pada bahan bakar dan juga kebutuhan pokok masyarakat saja, namun juga memberikan subsidi untuk perumahan rakyat.

Saat ini di berbagai daerah di Indonesia sudah banyak rumah subsidi yang harga jualnya lebih murah. Biasanya rumah subsidi banyak diminati oleh keluarga baru ataupun kaum milenial yang memiliki tabungan dan ingin segera memiliki hunian pribadi. Oleh karena itu, tidak heran jika hingga saat ini pemerintah kerap kali membangun rumah subsidi dengan menggandeng pihak developer properti terpercaya.


Harga Rumah Subsidi di Lombok

Sesuai dengan namanya, rumah subsidi tergolong dijual dengan harga yang sangat murah. Umumnya harga rumah subsidi di Lombok berkisar mulai dari Rp 140 juta sampai Rp 170 juta. Namun, beberapa developer properti juga menyediakan rumah bersubsidi dengan harga antara Rp 190 juta sampai Rp 250 juta dengan kualitas yang lebih baik dan setara dengan rumah komersial biasa.

Mengapa rumah subsidi memiliki harga yang murah? Hal ini karena rumah tersebut sudah mendapat bantuan dari pemerintah sehingga tidak dikenakan biaya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) seperti halnya rumah komersial. Insentif lainnya yang akan didapat jika membeli rumah bersubsidi adalah suku bunga yang rendah karena biaya cicilan perbulan yang flat. Menariknya lagi, cicilan untuk rumah subsidi bisa dilakukan sampai 20 tahun lamanya. Untuk bisa mendapatkan rumah subsidi ini, Anda hanya perlu membayar DP sebesar 5-10%. Sangat murah dan menarik, bukan?


Tips Membeli Rumah Subsidi di Lombok

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memutuskan untuk membeli rumah subsidi di Lombok. Di bawah ini adalah beberapa tips membeli rumah subsidi di Lombok.


1. Memperhatikan Kualitas Bangunan

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua rumah bersubsidi memiliki kualitas yang buruk. Terdapat banyak rumah subsidi dengan kualitas baik yang bisa Anda pilih. Maka dari itu, Anda harus pintar dalam memilih rumah bersubsidi.

Meski kualitasnya tidak sebanding dengan rumah komersial yang dijual dengan harga RP 400 jutaan, namun rumah subsidi dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin segera memiliki rumah. Beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan adalah kualitas bangunan, kondisi interior yang sudah dicat, sudah dilengkapi dengan plafon dan keramik.


2. Mengunjungi Rumah Contoh Serta Lokasi Proyek

Saat akan membeli rumah subsidi, Anda wajib mengunjungi rumah contoh yang telah dibuat oleh developer supaya tahu dengan pasti kualitas bangunan rumah yang ditawarkan oleh pihak developer.

Nantinya Anda akan mendapatkan informasi secara detail mengenai kualitas rumah dari penjelasan developer. Selain itu, pastikan Anda sudah melakukan survei di lokasi proyek untuk mempertimbangkan tingkat strategis dan kondisi lingkungan sekitar.


3. Lokasi Rumah Subsidi

Lokasi adalah aspek terpenting saat Anda akan membeli properti rumah. Kebanyakan rumah subsidi memang berada jauh dari pusat kota sehingga lokasinya menjadi kurang strategis. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan surrounding di rumah subsidi, seperti lokasi yang dekat dengan pusat kesehatan, pusat pendidikan, hingga pusat perbelanjaan.


4. Mengetahui Track Record Developer

Rumah subsidi dibangun oleh para developer yang bekerja sama dengan pemerintah. Beberapa developer yang dipilih oleh pemerintah merupakan developer ternama yang memiliki spesialisasi dalam pengembangan rumah murah.

Anda perlu mengetahui track record developer agar bisa memperkirakan kualitas dari bangunan rumah yang sudah pernah dibangun sebelumnya. Salah satu caranya adalah dengan meminta portofolio ke developer.

Demikian berbagai penjelasan terkait dengan membeli rumah subsidi di Lombok. Anda dapat memanfaatkan situs jual beli rumah online untuk mendapatkan rumah subsidi dengan harga yang jauh lebih murah.