Tips Membeli Rumah di Mataram, Agar Tidak Salah Pilih

Membeli rumah merupakan salah satu keputusan besar dalam hidup. Hal ini karena rumah merupakan aset yang berharga dan akan digunakan untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perencanaan yang matang sebelum membeli rumah.

Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu kota yang sedang berkembang pesat. Hal ini didorong oleh berbagai faktor, seperti pertumbuhan ekonomi, peningkatan jumlah penduduk, dan pembangunan infrastruktur.

Pertumbuhan ekonomi Mataram yang cukup pesat mendorong peningkatan daya beli masyarakat. Hal ini menyebabkan permintaan rumah di Mataram juga meningkat.

Peningkatan jumlah penduduk Mataram juga turut mendorong peningkatan permintaan rumah. Hal ini karena semakin banyak orang yang mencari tempat tinggal di Mataram, baik untuk menetap maupun untuk investasi.

Pembangunan infrastruktur yang masif di Mataram juga turut mendorong peningkatan permintaan rumah. Hal ini karena pembangunan infrastruktur menciptakan peluang investasi yang menarik di Mataram.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), harga rumah di Mataram terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2022, harga rumah di Mataram rata-rata meningkat sebesar 10% dibandingkan dengan tahun 2021.

Peningkatan harga rumah di Mataram diperkirakan akan terus berlanjut dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini karena berbagai faktor yang mendorong peningkatan permintaan rumah di Mataram masih akan terus berlangsung.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana untuk membeli rumah di Mataram, sebaiknya segera mengambil tindakan. Jika Anda menunda pembelian rumah, Anda akan menghadapi risiko harga rumah yang semakin tinggi.

Berikut adalah beberapa tips untuk membeli rumah di Mataram, agar tidak salah pilih:

1. Pertimbangkan kebutuhan Anda

Sebelum membeli rumah, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda dan keluarga. Apakah Anda membutuhkan rumah dengan banyak kamar tidur atau kamar mandi? Apakah Anda membutuhkan rumah dengan halaman yang luas?

Pastikan Anda mempertimbangkan faktor-faktor berikut saat mempertimbangkan kebutuhan Anda:

  • Jumlah anggota keluarga
  • Gaya hidup
  • Anggaran

2. Lakukan riset

Lakukan riset sebelum membeli rumah. Cari tahu informasi tentang lokasi, luas bangunan, fasilitas, dan harga rumah yang Anda inginkan.

Anda dapat mencari informasi tentang rumah di Mataram melalui berbagai sumber, seperti internet, agen properti, atau teman dan keluarga.

3. Kunjungi rumah secara langsung

Kunjungi rumah secara langsung sebelum membeli. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat kondisi rumah dan lingkungan sekitar.

Periksa kondisi rumah secara menyeluruh, termasuk:

  • Kondisi bangunan
  • Kondisi listrik dan air
  • Kondisi furnitur
  • Kondisi lingkungan sekitar

4. Gunakan jasa agen properti

Gunakan jasa agen properti untuk membantu Anda menemukan rumah yang tepat. Agen properti akan membantu Anda untuk mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Agen properti juga akan membantu Anda untuk melakukan negosiasi harga dengan penjual.

5. Perhatikan legalitas rumah

Pastikan rumah yang Anda beli memiliki legalitas yang lengkap, seperti sertifikat hak milik (SHM).

Anda dapat memeriksa legalitas rumah melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN).

6. Pertimbangkan biaya-biaya yang akan timbul

Selain harga rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya-biaya lain yang akan timbul, seperti biaya KPR, biaya notaris, biaya balik nama, dan biaya renovasi.

7. Jangan terburu-buru

Jangan terburu-buru dalam membeli rumah. Luangkan waktu untuk melakukan riset dan mempertimbangkan berbagai faktor yang penting.

Jika Anda mengikuti tips-tips di atas, Anda akan lebih berpeluang untuk mendapatkan rumah yang tepat di Mataram.

Berikut adalah beberapa hal tambahan yang perlu dipertimbangkan saat membeli rumah di Mataram:

  • Lokasi

Lokasi merupakan salah satu faktor terpenting dalam memilih rumah. Pastikan Anda memilih lokasi yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Fasilitas

Pastikan rumah yang Anda pilih memiliki fasilitas yang memadai, seperti akses ke transportasi umum, sekolah, dan pusat perbelanjaan.

  • Suku bunga

Jika Anda membeli rumah dengan KPR, pastikan Anda telah memahami suku bunga yang berlaku.

  • Pajak

Pemilik rumah di Mataram wajib membayar pajak bumi dan bangunan (PBB). Pastikan Anda telah memahami ketentuan pembayaran PBB.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda dalam membeli rumah di Mataram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.

 

 / 

Sign in

Send Message

My favorites

slot888 joker123 joker123 ladangbola789