Tips Memilih Rumah Kontrakan di Mataram

Memiliki hunian pribadi, seperti rumah adalah impian bagi banyak orang. Akan tetapi, tingginya harga rumah dan tanah saat ini membuat sebagian orang kesulitan mewujudkan keinginan tersebut. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk menyewa rumah kontrakan karena harganya yang tergolong terjangkau. Meski hanya bersifat hunian sementara, memilih rumah kontrakan tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan strategi yang tepat agar mendapat rumah kontrakan di Mataram yang nyaman dan aman.

Peminat rumah kontrakan di Mataram memang cukup tinggi.

Rumah kontrakan tidak hanya digunakan sebagai hunian saja, tetapi juga kerap digunakan sebagai rumah sewa untuk bisnis rumahan. Meskipun memiliki harga sewa yang lebih murah, namun fasilitas yang diberikan juga sebanding dan sama seperti membeli rumah baru. Akan tetapi, tentu Anda tidak ingin tinggal di rumah kontrakan selama-lamanya, bukan? Oleh karena itu, sebaiknya saat berada di rumah kontrakan, Anda bisa mulai menabung sebagian penghasilan yang dimiliki agar bisa segera membeli rumah pribadi idaman Anda.

Jika Anda sedang mencari rumah kontrakan di Mataram, berikut ini adalah beberapa tips memilih rumah kontrakan yang perlu diperhatikan.

1. Mencari Lokasi yang Sesuai

Tips pertama yang sudah pasti harus Anda lakukan saat memilih rumah kontrakan adalah menentukan lokasi rumah yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari Anda. Pastikan jika lokasi rumah mampu mengakomodir kebutuhan Anda dan dekat dengan berbagai fasilitas umum, seperti pasar, stasiun, terminal, sekolah, dan lain sebagainya. Lokasi rumah yang strategis seperti dalam perumahan di Mataram akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai kegiatan.

2. Melakukan Survei Harga dan Fasilitas

Setelah mendapat lokasi rumah kontrakan yang sesuai, selanjutnya Anda perlu melakukan survei harga dan juga fasilitas yang ditawarkan oleh pemilik kontrakan. Biasanya jika rumah kontrakan memiliki fasilitas yang lengkap, maka harga yang ditawarkan akan lebih mahal.

Bagi Anda yang sedang menabung dan ingin menghemat pengeluaran, maka disarankan untuk memilih rumah kontrakan yang memiliki fasilitas standar. Rumah kontrakan tidak perlu mewah karena yang terpenting dapat memenuhi kebutuhan Anda. Sebagai contoh, Anda dapat memilih rumah kontrakan yang hanya satu kamar jika tinggal sendirian.

3. Menggunakan Situs Jual Beli Rumah Online

Di era teknologi yang semakin berkembang pesat seperti sekarang ini, Anda dapat menemukan rumah kontrakan di Mataram dengan lebih mudah melalui situs jual beli rumah. Saat ini ada banyak situs online yang menjadi media perantara adalah penjual dan pembeli rumah. Harga sewa kontrakan yang ditawarkan juga bervariatif sehingga Anda bisa membandingkan dan mendapatkan rumah dengan harga yang lebih murah.

4. Survei Lokasi Secara Langsung

Meski Anda mendapat informasi jual-beli rumah kontrakan secara online, namun tetap saja Anda harus melakukan survei lokasi secara langsung. Survei menjadi hal penting yang harus dilakukan agar tahu dengan pasti kondisi dan fasilitas rumah kontrakan tersebut. Tidak hanya itu saja, melakukan survei langsung juga dapat menghindari Anda dari penipuan dan memastikan kondisi rumah sesuai dengan yang diiklankan pada situs jual beli.

Baca juga:  Wajib Tahu! 7 Tips Berburu Rumah Murah Di Mataram

5. Perhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar

Saat melakukan survei langsung, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar rumah kontrakan. Keamanan menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan. Tidak hanya aman dari kemungkinan tindak kejahatan, tetapi juga aman dari berbagai resiko bencana alam.

Akan lebih baik jika di sekitar area rumah kontrakan terdapat petugas keamanan yang siap siaga berjaga. Selain itu, Anda juga dapat bertanya kepada tetangga sekitar terkait dengan keamanan di lingkungan tersebut.

6. Memilih Rumah dalam Jangka Waktu yang Singkat

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat memilih rumah kontrakan adalah mencari rumah yang jangka waktu sewanya singkat. Anda bisa memilih rumah kontrakan per bulan ataupun per enam bulan.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu harus pindah ke tempat lainnya. dengan memilih rumah kontrakan yang jangka waktu sewanya singkat, maka Anda dapat lebih mudah pindah saat mendapatkan kontrakan yang lebih murah atau lebih baik. Namun, hal ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang harus tinggal menetap selama masa studi.

7. Sharing dengan Teman

Jika Anda seorang mahasiswa atau berniat mengontrak rumah bersama saudara maupun teman dekat, maka bisa sharing dengan teman supaya harga sewa yang harus dibayarkan bisa lebih murah. Anda dapat memilih rumah yang memiliki banyak kamar dan dapat menampung semua orang yang akan tinggal di rumah tersebut. Dengan begitu, maka biaya pengeluaran dapat lebih ditekan, bukan?

8. Membuat Rencana Keuangan

Saat memutuskan untuk menyewa rumah kontrakan, pastikan Anda sudah membuat rencana keuangan agar bisa tahu dengan pasti berapa biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Pastikan jika harga sewa rumah kontrakan sesuai dengan kemampuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.

 

 / 

Sign in

Send Message

My favorites

slot888 joker123 joker123 ladangbola789