Cara Jual Tanah Kavling di Lombok Barat

Tips Jual Tanah Kavling di Lombok Barat untuk Pemula

Meski merupakan aset properti sama halnya seperti rumah atau apartemen, tanah termasuk tanah kavling memiliki pangsa pasar yang berbeda dengan kedua aset properti lainnya. Pasalnya, sebagian besar orang lebih memilih untuk membeli properti yang sudah berupa rumah yang sudah siap ditinggali dibanding tanah polos yang perlu dibangun terlebih dahulu. Oleh karena itulah pasar tanah memiliki karakteristik tersendiri dan tidak seperti pasar properti lainnya.

Karena karakteristiknya berbeda, sebelum jual tanah kavling di Lombok Barat, Anda harus tahu beberapa perbedaan pasar tanah dengan pasar properti lain, antara lain karakteristik pembelinya berbeda dengan pembeli rumah, metode penjualannya berbeda, serta sifat pasar tanah yang tidak seaktif pasar rumah atau properti lainnya.

Walau karakteristik pasarnya berbeda, cara jual tanah kavling di Lombok Barat maupun di tempat lain dapat menggunakan konsep yang mirip dengan konsep menjual rumah, yaitu dengan merancang strategi terlebih dahulu.

1. Kenali calon pembeli

Tips yang pertama adalah mengenali calon pembeli. Hal ini sangat penting karena mengenali calon pembeli dengan baik dapat membantu Anda memahami apa yang dicari oleh mereka. Apakah calon pembeli tersebut sedang butuh tanah untuk membangun rumah bagi dirinya sendiri, atau calon pembeli Anda merupakan pengembang perumahan?

Masing-masing calon pembeli memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itulah Anda harus melakukan riset untuk memenuhi kebutuhan calon pembeli. Biasanya, calon pembeli tunggal akan membutuhkan informasi terkait sekolah, pusat perbelanjaan, atau fasilitas publik lainnya, sementara calon pembeli yang merupakan pengembang akan membutuhkan informasi yang lebih banyak termasuk peraturan setempat, zonasi, kapasitas air, dan sebagainya.

Sebelum mulai jual tanah kavling di Lombok Barat, Anda disarankan untuk riset dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan sebanyak mungkin sehingga pembeli lebih mudah percaya kepada Anda.

2. Persiapkan tanah yang akan dijual

Selain mengumpulkan informasi untuk memenuhi kebutuhan calon pembeli, Anda harus mempersiapkan tanah yang akan dijual. Persiapan untuk menjual tanah kosong atau tanah kavling tidak sama dengan persiapan saat menjual rumah. Anda hanya perlu membersihkan sampah serta memotong rumput yang tumbuh di tanah kavling. Anda juga dapat menanami tanah kavling dengan tanaman hias sehingga tampilan tanah menjadi lebih cantik. Pastikan juga Anda memberikan batas-batas tanah yang jelas sehingga lebih memudahkan pembeli untuk mengetahui batas-batas tersebut.

3. Tentukan harga dengan hati-hati

Proses menentukan harga adalah langkah yang sangat penting dalam menjual properti. Pasalnya, harga tanah Lombok yang terlalu tinggi akan membuat calon pembeli mundur dengan cepat sehingga tanah lebih lama terjual. Tidak seperti aset properti yang berupa rumah, tanah kavling memilliki kisaran harga yang lebih beragam karena sangat tergantung dari tujuan pembeli. Misalnya, tanah yang dinilai cocok untuk perumahan mewah kisaran harganya bisa lebih tinggi dibanding tanah yang cocok untuk perumahan biasa.

4. Iklankan melalui marketplace properti

Marketplace alias platform jual-beli tanah online adalah salah satu cara yang dapat digunakan bagi Anda yang ingin jual tanah kavling di Lombok Barat. Pasalnya, mengiklankan aset tanah yang dimiliki pada marketplace terpercaya dapat mempermudah Anda dalam proses penjualan. Hal ini dapat terjadi karena marketplace online dapat menjangkau lebih banyak orang dalam lingkup yang lebih luas. Namun, sebelum ke platform online, Anda sebaiknya menawarkan tanah ke tetangga terlebih dahulu.

Baca juga: Informasi Tanah Lombok: Panduan Menjual Tanah bagi Pemula

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.

 

 / 

Sign in

Send Message

My favorites

slot888 joker123 joker123 ladangbola789